Menyatukan Puzzle-Puzzle Desa Wisata dalam Keindahan Wisata Kabupaten Sleman

Desa Wisata Gamplong

Merangkai Pelangi di Desa Gamplong

Jalan kereta yang panjang searah matahari yang terbenam akan menyapa wisatawan yang berkunjung ke desa ini. Lurus, panjang, dan akhirnya berbelok dengan lembut. Mungkin sebagai tanda tentang panjangnya sejarah masyarakat Desa Gamplong yang sampai sekarang masih menggeluti budaya moyang mereka dalam membuat lembaran kain seindah pelangi.

“ glok… glok… glok…” begitu suara alat tenun bukan mesin (ATBM) yang menandakan ketekunan dan kesetiaan. Ya, ketekunan merangkai helaian benang-benang menjadi lembaran kain, dan kesetiaan pada budaya moyang mereka yang telah menjadi sumber penghidupan mereka hingga kini. ATBM itu terus dijalankan anak-anak dan ibu-ibu yang merangkai benang-benang sambil sesekali tertawa dan bercanda. Seakan kebahagiaan itulah yang menjadikan kain-kain yang mereka hasilkan begitu menawan.

Andapun bisa belajar bagaimana membuat tenunan yang indah, menyusun rumput ilalang kering menjadi tikar warna-warni, dan membuat hiasan ruangan seperti pot dan kotak pensil. Tak hanya sekedar belajar, andapun bisa membawa pulang barang-barang yang telah anda buat dengan kerativitas anda.

Anda takut tak bisa membuat barang yang indah? Tak perlu khawatir, karena di sini anda bisa membeli barang-barang kerajinan dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga di pasaran. Andapun bisa memesan sesuai dengan selera dan keinginan anda.  Diberi nama anda, nama-nama orang yang anda sayangi, atau mungkin hadiah bagi kerabat yang dekat dengan anda.

Di Desa Gamplong, anda tak hanya belajar tentang merangkai kain yang indah, atau hiasan ruangan yang menarik. Di sini anda akan mengerti tentang sejarah masa lampau industri tenun nusantara, memahami betapa sulitnya membuat suatu karya, hingga nanti anda menjadi manusia yang mengerti mengapa menghargai karya orang lain itu begitu penting.

Desa Gamplong juga menjadi desa wisata pendidikan kreativitas dan seni bagi anak-anak anda. Bebas berkarya dan bebas berekspresi. Di sini ada pula pelatihan mengelolan usaha mikro, bukan hanya kerajinan, tetapi berbagai trik dan tips berbisnis dengan kreatifitas….

 

Jalur Transportasi Gamplong

Terminal Giwangan – naik Jogja-Wates

Biaya : Jogja-Wates       = Rp 3.000,-

 

Aktivitas Menenun dengan ATBM (alat tenun bukan mesin)

 

Alamat dan Contact Person :

Dusun Gamplong, Desa Sumberrahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman

CP : 081328711529

 

One response

  1. ASIH KEYLA

    pengen main ke sana….pengen belanja tas….

    23 Juli 2012 pukul 10:33 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s