Menyatukan Puzzle-Puzzle Desa Wisata dalam Keindahan Wisata Kabupaten Sleman

Desa Wisata Plempoh

Menyelami Mahakarya Nusantara di Desa Plempoh

 

Begitu banyak mahakarya moyang kita di negeri kita. Cadi Borobudur atau Candi prambanan mungkin bukan suatu yang asing untuk didengar. Diantara banyak mahakarya di nusantara, tersebutlah Keraton ratu Boko, Candi Ijo dan beberapa candi lain di Desa Trumpon. Sebuah desa kecil dengan hamparan sawah yang luas dan dikelilingi bukit-bukit yang menjuulang tinggi.

Suasana penuh kehangatan menyapa saat pertama masuk ke desa ini. Suara burung, tarian padi di sawah yang begitu subur serta indahnya formasi burung-burung yang terbang pindah dari satu pohon ke pohon yang lain di atas bukit. Dahulu sawah adalah danau yang luas yang kemudian menjadi sumber air bagi keratin yang berada di atas bukit.

Candi-candi yang bertebaran menggambarkan sebuah peradaban yang maju pada masa lampau. Keindahan bangunannya menunjukkan seni yang tinggi dari moyangkita. Setiap lekuk ukirannya adalah keuletan dan kesabaran mengukir batu-batu andesit yang keras, dan setiap patungnya menunjukkan ketaantan mereka pada Tuhannya. Kemegahan dan kokohnya bangunan menunjukkan peradaban yang maju dan bermartabat yang hendaknya menjadi contoh bagi bangsa kita sekarang.

Suasana senja di Kompleks Ratu Boko adalah keindahan yang sulit ditemukan di tempat lain. Hal inilah yang menyebabkannya banyak wisatawan dalam dan luar negeri rela menunggu sang baskara melambaikan salam perpisahan. Guratan jingga yang terpotret akan menjadi oleh-oleh yang tiada duanya bagi mereka yang tak sempat melihatnya. Fasilitas yang lengkap meliputi restoran, hotel, tempat ibadah dan berbagai tempat lain yang siap memanjakan wisatawan yang berkunjung ke sana. Semua tersaji untuk mereka yang ingin menikmati mahakaraya bangsa kita.

Cideramata atau oleh-oleh makanan tradisional siap menyertai perjalanan pulang anda.   Bahkan di sini anda tak hanya akan menikmati mahakaraya berupa candi, tetapi berbagai kehidupan bertani yang bisa anda lakukan bersama keluarga. Membajak sawah, menanam padi atau ikut memanen pai yang mulai menguning. Semua akan mengingatkan pada kita tentang keagungan mahakaraya Indonesia.

 

Sarana dan Prasarana yang Tersedia

  1. Homestay
  2. Rumah makan
  3. Toko cinderamata

Jalur Transportasi Bus Umum Menuju Desa Wisata Plempoh

Terminal Giwangan (bus Jogja-Prambanan) – turun di Pasar Prambanan – naik jalur B1

Biaya : Jogja – Prambanan          : Rp 5.000,-

Jalur B1                                               : Rp3.000,-

Alamat dan Contact Person :

Dusun Plempoh, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman

CP : 08157946880

One response

  1. nanang ws

    home staynya Plempoh ini di tengah rumah pedesaan atau diluar ? berapa ratenya bos , kasih info ya…. thank’s, satu lagi bawa mobilsendiri bisa masuk nggak ?

    31 Oktober 2012 pukul 8:56 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s