Menyatukan Puzzle-Puzzle Desa Wisata dalam Keindahan Wisata Kabupaten Sleman

Desa Wisata Turgo

DESA WISATA TURGO

Desa wisata Turgo merupakan desa yang berada di kawasan lereng Merapi, tepatnya di Padukuhan Turgo, desa Purwobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman. Dusun Turgo banyak menyimpan potensi wisata, khususnya untuk wisata pedesaan.

POTENSI WISATA

  • Hutan Merapi

Letak Desa wisata Turgo di lereng Merapi menjadikan turgo kaya akan wisata alam yang cukup menarik untuk dikunjungi. Kita dapat menikmati indahnya panorama gunung Merapi yang terkenal sebagai gunungapi aktif di dunia. Selain gunung Merapi dapat juga dinikmati keindahan Gunung Turgo yang terletak di lereng Merapi bagian selatan. Aktivitas yang dapat dilakukan di hutan Merapi antara lain tracking dan pengamatan flora fauna. Wisatawan dapat menjelajahi desa, hutan Merapi dan sungai Boyong. Selain itu wisatawan dapat juga melihat puing-pung rumah yang terkena awan panas akibat letusan gunung Merapi tahun 1994  Aktivitas tracking dipandu oleh pemandu. Pada umumnya 1 orang pemandu memandu maksimal 10 orang.

  • Ritual

Wisata ritual ini berkaitan dengan petilasan Syeh Jumadil Qubro yang terdapat di Gunung Turgo. Tempat ini dikeramatkan oleh masyarakat Sleman dan sekitarnya. Pada tanggal 1 Syuro setiap tahunnya masyarakat Dusun Turgo melakukan upacara tradisional budaya berupa kirab sesaji ( berupa wulu wetu / hasil panen sawah, kebun) dengan route dari mata air ke mata air dan berakhir di sekitar petilasan Syeh Jumadil Qubro.

  • Proses Pembuatan Teh dan Kopi

Wisatawan diajak membuat teh dan kopi secara tradisional dari proses memetik hingga siap untuk diminum. Kebun teh dan kopi berada di sekitar rumah penduduk. Produk teh siap saji dijual dengan harga Rp 5.000,- per bungkus. Sedangkan untuk produk kopi siap saji dijual dengan harga Rp 5.000,- hingga Rp 25.000,- per bungkus.

  • Jathilan

Kesenian tradisional Jathilan (Kuda Lumping) yang bisa dimainkan setiap saat sesuai permintaan. Kesenian jathilan sendiri merupakan kesenian tradisional yang berupa tarian dengan menggunakan peraga kuda kepang dengan diiringi musik gamelan dan lagu-lagu daerah. Setiap pementasan terdiri dari beberapa babak yang masing-masing memperagakan kisah perang saudara. Biasanya para penari dimasuki oleh roh halus sehingga tarian mereka dikendalikan oleh roh halus tersebut (intrance).

  • Laras Madyo

Laras madyo adalah kesenian tradisional yang pada awalnya merupakan kesenian Islam dari Kasunanan Surakarta yang mempunyai misi dakwah agama Islam. Kesenian tersebut menampilkan lagu-lagu Islami yang dikemas dalam bentuk tembang jawa (gambuh, kinanthi, dandang gulo, dsb) dengan diiringi dengan alat musik rebana. Kesenian ini ditampilkan secara berkelompok dimana pelantun yang tampil sekaligus memainkan musik.

  • Sloko

Sloko adalah kesenian tradisional sejenis laras madyo yang digunakan oleh agama nasrani untuk misi agama, sehingga syair lagu/tembangnya bernuansa kerohanian nasrani.

 

PRASARANA PENDUKUNG

  • Jalan

Untuk mencapai desa wisata Turgo yang berjarak 17 km dari ibu kota Kabupaten Sleman dapat ditempuh dalam waktu 25 menit. Kondisi jalan aspal dan jalan tanah ketika sudah memasuki Dusun Turgo

  • Area Parkir

Di desa wisata Turgo tersedia tempat parkir yang luas dengan kapasitas 4 bus besar, sedangkan untuk kendaraan pribadi bisa diparkir di sepanjang jalan di sekitar obyek desa wisata tersebut.

  • Homestay

Bila wisatawan ingin menikmati suasana bermalam di desa wisata Turgo tersedia 3 buah homestay yang dapat menampung 100 orang. Homestay tersebut dilengkapi dengan 8 kamar mandi/ toilet dengan kondisi yang layak pakai. fasilitas penerangan homestay menggunakan listrik. Tarif menginap di desa wisata Turgo cukup terjangkau yaitu antara Rp 30.000,- hingga Rp 60.000,- ribu/ orang/ malam dengan 3X makan. Adapun paket menginap saja tanpa disediakan makan yaitu Rp 12.500,-/orang/malam.

  • Gardu Pandang

Melihat panorama di desa wisata Turgo terasa tidak lengkap bila wisatawan belum menikmatinya melalui gardu pandang yang tersedia. Dari gardu pandang  ini wisatawan dapat melihat dengan lebih jelas panorama perbukitan Turgo dan hamparan wilayah desa wisata Turgo.

  • Rulinda (Ruang Lindung Darurat)

Desa wisata Turgo yang berada di lereng gunung Merapi termasuk daerah rawan bencana Merapi, oleh karena itu di tempat tersebut dilengkapi ruang lindung darurat dengan luas 12 m2.

PAKET WISATA

1. Paket 1 jam à biaya Rp 10.000,-/orang

Paket 1 jam ini meliputi aktivitas tracking, pembuatan teh dan pengamatan flora fauna. Wisatawan dapat memilih salah satu dari ketiga aktivitas tersebut.

2. Paket 2 jam à biaya Rp 15.000,-/orang

Paket 2 jam ini meliputi aktivitas tracking dan pengamatan flora fauna.

3. Paket 4 jam à biaya Rp 25.000,-/orang

Paket 4 jam meliputi aktivitas aktivitas tracking, pembuatan teh, pengamatan flora fauna dan melihat video erupsi Merapi.

4. Paket 6 jam à biaya Rp 50.000,-/orang

Paket 6 jam meliputi aktivitas aktivitas tracking, pembuatan teh, pengamatan flora fauna dan melihat video erupsi Merapi. Paket ini memiliki durasi waktu yang lebih lama.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Jalur Transportasi Turgo

Terminal Giwangan (bus Jogja-Tempel) – turun di Terminal Jombor à naik jalur 23

Biaya : Jogja – Tempel  :  Rp 5.000,-

Jalur 23                               : Rp 7.000,-

Peta Desa Wisata Turgo

Alamat dan Contact Person :

Dusun Turgo, Desa Purwobinagun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman

CP : 08562903864

 

 

3 responses

  1. Sswa SMP N 1 Seyegan mrcnakan kegiatan kemah akhir tahun dengan waktu 3 hari 2 malam. Pelaksanaan antara 25 s.d 30 juni 2012. peserta 216 org. pendamping 40 org. pelatih outbond bwa sdri, konsumsi masak sdri. kami hanya perlu lokasi kemah dan tempat kegiatan outbond. mohon informasi biaya total berapa ?
    segera dibalas.

    25 Mei 2012 pukul 10:01 AM

  2. Menarik artikelnya

    5 September 2012 pukul 7:04 AM

  3. nanang ws

    Menarik sekali jika baca sepintas penjelasannya, ada sedikit tanya bos : home staynya itu perkamar atau satu rumah dipakai rame2 , terus untuk transportasi bisa nggak kalau bawa mobil sendiri ??? thank’s bos

    31 Oktober 2012 pukul 8:36 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s