Menyatukan Puzzle-Puzzle Desa Wisata dalam Keindahan Wisata Kabupaten Sleman

Desa Wisata Pentingsari

DESA WISATA PENTINGSARI

Dusun Pentingsari berbentuk seperti semenanjung dimana sebelah barat terdapat lembah yang sangat curam yaitu kali Kuning dan sebelah selatan terdapat lebah yang berupak Goa Ledok / Ponteng dan Gondoran sebelah timur terdapat lembah yang curam yaitu Kali Pawon dan sebelah utara merupakan dataran yang dapat berhubungan langsung dengan tanah di sekeliling kelurahan Umbulharjo sampai ke pelataran gunung Merapi. Dusun Pentingsari terdiri dari dua dusun yaitu Bonorejo dan Pentingsari.

Desa ini ditetapkan sebagai desa wisata pada tanggal 15 Mei 2008

 

Obyek wisata

1. Pancuran  Suci Sendangsari

Pancuran ini dipercaya oleh masyarakat dusun Pentingsari dan sekitarnya sebagai tempat bertemunya Dewi Nawang Wulan dan Joko Tarup bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat awet muda dengan minum atau cuci muka dengan air ini, lokasi obyek ini sangat dekat dengan nuansa mistis dan  nuansa keindahan   lembah sungai kuning.

2. Luweng

Luweng merupakan salah satu bukti betapa luasnya perjuangan Pangeran Diponegoro dalam mengusir penjajah Belanda di Yogyakarta , luweng  pada saat itu digunakan sebagai alat masak warga dusun Pentingsari dalam menyediakan konsumsi bagi tentara Pangeran Diponegoro, disamping sebagai tempat persembunyian bila dalam posisi terdesak.

3. Rumah Joglo

Rumah ini merupakan rumah adat di DIY dan Jawa Tengah. Rumah Joglo berada di  poros  Desa Wisata Pentingsari, disamping menampilkan  karakteristik keindahan dan budaya di rumah Joglo ini dapat digunakan sebagai tempat pertemuan, diklat, pentas seni dan budaya

4. Wisata Alam

Kondisi lingkungan di Dewi Peri masih sangat alami hembusan udara yang sejuk, rindangnya berbagai jenis tanaman, riuhnya suara ocehan burung di alam bebas, ramahnya penduduk desa bisa  dijumpai  di sepanjang jalan dusun Pentingsari, sementara di sisi yang lain hamparan sawah, berbagai jenis tamanan sayur-sayuran yang sudah dikelola dengan system yang baik oleh penduduk memberi warna keindahan tersendiri Desa Wisata Pentingsari.

5. Batu Dakon

Batu dakon yang ada di Dewi berbeda dengan batu dakon pada umunya yang biasa digunanakan untuk bermain anak-anak ,disamping memiliki nilai mistis batu dakon ini konon  masih ada kaitanya dengan obyek Luweng, batu ini dipercaya sebagai tempat mengatur setrategi perang dan meramal nasip   pada waktu perjuangan mengusir penjajah Belanda.

6. Batu Persembahan

Batu Persembahan dipercaya digunakan sebagai tempat persembahan kepada ular besar yang singgah di Ponteng yang dipercaya sebagai anak dari Baru Klinting yang singgah di Gunung Merapi, bentuk persembahan dipercaya seekor kera yang datang dari Gunung Merapi tiap bulan Suro ( bulan jawa)

7. Ponteng

Tempat pertemuan sungai Kuning dan Sungai Pawon ( tempuran ) di Ujung Selatan Dusun Pentingsari di percaya ada sebuah goa sebagai tempat singgahnya ular besar anak dari baruklinting.

8. Jalur Traking

Kondisi alam di Desa Wisata Pentingsari yang diapait oleh Dua Sungai (Sungai Pawon dan Sungai Kuning ) sangat cocok untuk traking  remaja, anak-anak,dewasa dan orang tua dengan melewati jalur  susur sungai, melewati hamparan sawah, naik turun tebing dengan terowongan yang sangat unik dan indah, melewati ditengah h rindangnya berbagai jenis tanaman kehutanan.

Paket Wisata Desa Wisata Pentingsari

Harga Fasilitas

1. Menginap di home stay (3 x makan/1 x snack)      : Rp.   70.000/org

2. Sewa arena out bond/camping ground                     : Rp.   15.000/org

3. Sewa joglo/tempat pertemuan                                     : Rp. 500.000/pax

4. Sewa pendopo kali kuning                                              : Rp. 300.000/pax

5. Sewa sound system                                                           : Rp. 250.000/pax

6. Tour guide                                                                            : Rp.  70.000/org

Paket dan Atraksi Wisata

1. Kunjungan obyek pertanian/perkebunan              : Rp.    7.500/org

2. Atraksi bajak sawah/tanam padi                                : Rp. 7.500/org

3. Atraksi wiwitan/panen padi                                         : Rp.    7.500/org

4. Memancing/tangkap ikan                                              : Rp.  10.000/org

5. Tracking/petualangan                                                     : Rp.    6.000/org

6. Sepak bola lumpur                                                            : Rp.    5.000/org

7. Out bond/Field trip TK – SD                                         : Rp.  25.000/org

8. Out bond SMP -  Mahasiswa                                          : Rp.  30.000/org

9. Out Bond Dewasa                                                               : Rp.  35.000/org

Atraksi Seni budaya

1. Penyambutan/punokawan/Jathilan                         : Rp. 10.000/org

2. Cokekan/Karawitan                                                          : Rp. 12.500/org

3. Belajar gamelan                                                                  : Rp. 10.000/org

4. Belajar tari klasik                                                               : Rp. 10.000/org

5. Paket kenduri                                                                      : Rp. 15.000/org

6. Paket atraksi kuliner                                                        : Rp. 10.000/org

7. Kreasi janur                                                                         : Rp.   7.500/org

Paket Snack dan Makan

1. Welcome drink/snack                                                          : Rp.   2.500/org

2. Snack/minum ala dewi peri (minum + 3 snack)        : Rp    3.000/org

3. Makan nasi dus (harga mulai)                                           : Rp. 12.500/org

4. Makan prasmanan (harga mulai)                                    : Rp. 15.000/org

Paket kunjungan ke luar

1. Lava tour Merapi/Mbah Marijan  (dengan truk)           : Rp. 20.000/org

2. Kunjungan ke Sentra Jamu Godhog (dengan truk)     : Rp. 20.000/org

3. Kunjungan ke Sentra Sapi Perah                                         : Rp. 17.500/org

4. Kunjungan ke Museum Gunung Api Merapi (MGM)     : Rp. 12.500/org

Jalur Transportasi Pentingsari

Terminal Giwangan (bus Jalur 12) à turun di Bunderan UGM à naik jalur Jogja-Kaliurang

Biaya : Jalur 12                   Rp 2.500,-

Jogja-Kaliurang                  Rp 5.000,-

Pancuran Suci Sendangsari

 

Peta Desa Wisata Pentingsari

Sarana dan Prasarana yang Tersedia :

  1. Homestay
  2. Masjid
  3. Tempat penjualan susu kambing khas desa tersebut

Alamat dan Contact Person :

Dusun Pentingsari, Desa Umbulharjo, Kecamtan Cangkringan Sleman

CP : 08122703102

29 tanggapan

  1. istiqomah djohariah

    Yth Desa Pentingsari
    Wah hebat lho …infonya lengkap banget dan sangat informatif
    matur nuwun banget
    semoga Yogya makin istimewa
    istiqomah

    16 Agustus 2011 pukul 7:14 AM

  2. harga yang sangat murah dan sangat memuaskan

    25 Oktober 2011 pukul 7:22 AM

  3. Andreas Nelson

    ini tempat paling sangat menakjubkan dan bikin banyak orang yang sudah datang, ingin datang lagi

    20 November 2011 pukul 10:42 AM

  4. hartanti setyorini

    paket outbond anak usia 2-4 tahun, 40 anak, plus paket orang tua, 40 peserta, apakah ada informasi jenis paket yg ditawarkan, nuwun.

    16 Februari 2012 pukul 9:31 AM

  5. haay
    kalian semua tau tidak aku kemarin dari hari kamis malam jumat tgl 16 mei 2012. Di Desa Wisata Penting Sari, singgah di tempat keluarga yang bernama Bpk. Rugiman atw Rukiman kalo ga salah stau ku maaf aku agak lupa hehehehe
    “subbhanalloh luar biasa penduduk disana alangkah ramahny keluarga bapak itu mulai dari anak perumpuan yg umurnya setara denganku.
    cukup banyak pengalamanku disana.
    mulai dari tidur, makan, mandi sampai berbincang-bincang dengan keluarganya
    yaalloh semoga ada waktu yg panjang untuk aku bertemu mereka lagi.

    19 Mei 2012 pukul 2:13 PM

  6. madrid

    untuk tgl 27 mei , situ full ga…

    23 Mei 2012 pukul 8:08 AM

  7. Sswa SMP N 1 Seyegan mrcnakan kegiatan kemah akhir tahun dengan waktu 3 hari 2 malam. Pelaksanaan antara 25 s.d 30 juni 2012. peserta 216 org. pendamping 40 org. pelatih outbond bwa sdri, konsumsi masak sdri. kami hanya perlu lokasi kemah dan tempat kegiatan outbond. mohon informasi biaya total berapa ?
    segera dibalas.

    25 Mei 2012 pukul 9:54 AM

  8. Maryono

    CP-nya kok susah dihubungi, apa OL hanya sian hari saja ?? Padahal saya penin informas secepatnya untuk 120 orang. Trima kasih

    13 Juli 2012 pukul 12:11 PM

  9. Satria

    Apakah paket 1 keluarga dengan dengan 6 anggota (4 dewasa & 2 anak) bisa menginap di sini walaupun hanya 1 malam?

    9 Agustus 2012 pukul 6:56 AM

  10. Info yang sangan membantu…

    26 September 2012 pukul 9:43 AM

  11. tolong sambut y kalau dateng tanggal 19 bulan 10 2012 sekolah SMPN RSBI 30 Jakarta Utara

    12 Oktober 2012 pukul 6:53 AM

  12. nica dania

    kalo untuk 100 orang mahasiswa,itu harga tetap pa ya?semoga jadi kesana..

    31 Oktober 2012 pukul 3:56 AM

  13. Wahhh !!! Besok gua sama temen 2 mau kesini nih pasti seruu !!! Thanks atas informasinya yaa !! :) ^^

    13 November 2012 pukul 3:10 AM

  14. agus sukarno

    kamis depan saya mau ke yogya rencana mau mampir ke pentingsari, saya sudah tlp ke contact person gak nyambung ya…mohon infonya

    19 November 2012 pukul 4:58 AM

  15. Sarana yang bagus dalam rangka pemb elajaran wisata di Daerah Yang lain, dengan lingkungan yang asri, saya merasa bangga ada masyarakat yang sudah peduli terhadap daerahnya, juga pemuda pemudanya, selamat dan sukses semoga pelayanannya akan lebih meningkat lagi, salam buat seluruh warga Kampung Penting Sari Sleman.

    26 November 2012 pukul 3:36 AM

  16. ifri

    waktu tahun 2010 saya pernah ke pentingsari.. di tahun 2011 pentingsari kena bencan gempa.. apakah sekarang pentingsari masih ada..?

    8 Desember 2012 pukul 7:38 PM

    • dwi

      Masih utuh kampungnya, aman,

      13 Mei 2013 pukul 10:36 AM

  17. besok mau camp. se Jawa di desa pentingsari.. I coming pentingsari!!! :D

    20 Desember 2012 pukul 12:14 AM

  18. dwi

    harganya yang ditawarkan sangat terjangkau….sungguh..profesional managemennya….ayo berwisata kedesa

    29 Desember 2012 pukul 12:32 PM

  19. artha agung

    saya sudah sempat mengunjungi desa penting sari dan sangat kagum dengan model manajeman yang ada. bila boleh saya ingin melakukan penelitian sebagai materi tesis saya. kepada siapakah saya harus menghubungi. Terimakasih.

    15 Januari 2013 pukul 5:54 AM

    • dwi

      langsung saja ke sekertariat desa wisata , Bpk sumardi

      13 Mei 2013 pukul 10:32 AM

  20. rencana saya mau mengadakan kunjungan ke Desa Penting Sari, mohon info untuk di Bulan Juni

    24 Januari 2013 pukul 2:12 PM

  21. untuk paketan acara+nginap berapa…..
    dan outbondnya macamnya apa aja

    30 Januari 2013 pukul 5:09 AM

  22. kaya’a ni tempat wisata baru di jogja, ane mah tau’a cm pantai depok aja. hahaha, :lol:

    31 Januari 2013 pukul 6:35 PM

  23. melly

    pagi..saya mau tanya untuk tempat menginap paket untuk 2 orang paling murah berapa ya untuk homestay nya?saya mau mengunjungi nya kira2 awal maret, oh ya untuk parkir mobil apakah terpisah jauh atau dekat dengan tempat kita homestay dan aman pastinya? atas respona saya ucapkan terimaksih.

    28 Februari 2013 pukul 2:54 AM

  24. Usman Wiryanto

    Peta lokasinya mohon diperjelas bro … kalau orang Yogya mungkin sdh jelas, tp bagi orang luar kota … peta nya “gak muni blas” …. tolong Bro

    6 Maret 2013 pukul 12:03 AM

  25. Selamat siang,Tulisannya sangat BAGUS SEKALI, Menambah PENGETAHUAN kita tentang KEINDAHAN kota JOGJA, sehingga membuat kita semua menjadi lebih tertarik untuk MENGELILINGI kota JOGJA.

    dari http://rentalmobilmotorjogja.blogdetik.com/ 0878 6053 4593

    15 Maret 2013 pukul 6:02 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.